Skip to main content

Mengembangkan Kota Layak Huni Demi Impian Masa Depan



        Mempunyai tempat hunian serta tinggal di lingkungan kota yang layak huni adalah tentu dambaan  semua orang, dengan suasana kota yang nyaman sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat untuk  beraktivitas dapat dilihat dari berbagai indikator baik secara fisik (fasilitas perkotaan, prasarana, tata ruang, dan lainnya) ataupun secara non fisik (hubungan sosial, aktivitas ekonomi, dan lainnya). Namun sebenarnya persoalan kota layak huni ini di Indonesia ini secara umum hampir mirip dengan kota-kota besar lain di belahan dunia Dampak dari urbanisasi di kota-kota besar  telah menyebabkan kota-kota tersebut mengalami tekanan karena pertambahan jumlah penduduknya, bahwa saat ini kota-kota di Indonesia mengalami kepadatan penduduk yang tinggi. Selain itu, ketersediaan lahan perkotaan yang semakin terbatas menjadi permasalahan yang begitu penting bagi perkotaan, dan hampir setengah jumlah penduduk Indonesia berada di perkotaan  akan selalu bertambah setiap tahunnya. Pertambahan jumlah penduduk ini mengakibatkan permintaan hunian menjadi meningkat, demikian halnya dengan kebutuhan fasilitas perkotaan. Persoalan ini bagaimanapun juga harus dihadapi dan harus mendapatkan solusinya. Jika masalah ini dibiarkan dan tidak di tangani, khawatir  maka akan berkembang menjadi masalah yang kompleks dan berimbas pada kenyamanan masyarakat terkait kelayakan huni sebuah kota. Sebuah kota layak huni dapat dikatakan sebagai kota ideal berdasarkan indikator-indikator yang diberikan seperti ketersediaan kebutuhan dasar (perumahan yang layak, air bersih, jaringan listrik, sanitasi, ketercukupan pangan, dan lainnya) serta ketersediaan fasilitas umum dan fasilitas sosial (transportasi umum, taman, fasilitas kesehatan, dan lainnya), ketersediaan ruang publik sebagai sarana untuk berinteraksi dan bersosialisasi antar komunitas. Kemudian keamanan dan keselamatan kualitas lingkungan disini bisa dikatakan dengan rendahnya tingkat kriminalitas serta berupa dukungan fungsi ekonomi, sosial, dan budaya kota yang berupaya ikut serta partisipasi masyarakat dalam pembangunan

 

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City

Kalian harus tau kalau Sekarang kita gak perlu khawatir lagi karena Sinar Mas Land telah mengembangkan konsep Livable city demi mewujudkan impian generasi masa depan untuk tinggal di kota yang ideal dan layak huni dengan mengusung konsep eco building yang mengacu pada empat pilar livable city, yaitu Live, Learn, Work, dan Play.

Sinar Mas Land melalui pilar usahanya, mengambil bagian dalam mengurangi emisi CO2. Yap, apalagi nih kita tahu kalau sekarang ini Polusi Udara menjadi salah satu permasalahan yang penting untuk ditangani yakni dengan cara membangun area hunian yang terintegrasi dengan ruang lingkup transportasi berkapasitas tinggi.  Upaya pengembangan kota layak huni dan ramah lingkungan ini dilakukan secara selaras melalui perbaikan sistem transportasi. Seperti halnya penggunaan transportasi listrik yang dapat menghemat pengeluaran dan mengurangi polusi udara, dengan Pengoperasian kendaraan listrik diharapkan dapat mewujudkan kota pintar berenergi hijau. Tentunya pengembangan kawasan seperti ini akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di dalamnya, karena semua kemudahan dan aktifitas berada dalam jangkauan.

Sinar Mas Land yang terus mengembangkan kawasan hunian dan properti yang ramah lingkungan, hemat energi, rendah emisi, dan minim plastik pada proyek huniannya, tentunya hal itu menjadi impian banyak orang, apalagi hunian tersebut nyaman dan berada di lokasi strategis. Dengan dikembangkan kota layak huni, memberikan pengaruh yang besar bagi masyarakat untuk bergerak maju demi mewujudkan masyarakat yang nyaman, aman dan bahagia. dan kondusif untuk keluarga tumbuh dan berkembang. Harapannya semua masyarakat bisa merasakan tinggal di kota yang memang layak huni.

Sinar Mas Land juga melalui program Green Habit 2.0 merintis project penanganan limbah plastik yang melibatkan partisipasi berbagai pemangku kepentingan mulai dari mengajak warga dalam membersihkan lingkungan dan pengumpulan sampah plastik. Selain itu berupaya  melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak yang menampung sampah plastik lalu  mendaur ulang sampah plastik menjadi material yang berguna serta penerapan penggunaan material aspal plastik pada proyek-proyek Sinar Mas Land.

Proyek ini dapat memperkenalkan perubahan perilaku dalam pengelolaan sampah plastik terpilah dari rumah dengan konsep ekonomi sirkular kepada masyarakat dimana sampah yang dikelola dapat diproses menjadi bahan baku plastik atau produk lain yang dapat dimanfaatkan kembali.  Sehingga sampah yang dihasilkan warga dapat tertangani sehingga mencegah timbunan sampah.

Bisa merasakan tinggal di lingkungan kota yang layak huni adalah suatu kebahagian yang besar, kita bisa merasakan banyak kemudahan didalamnya karena kita bisa menampung seluruh kegiatan masyarakat, saling berinteraksi dan bersama – sama mampu untuk menyelesaikan permasalahannya serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat itu sendiri. Dengan ini Sinar Mas Land menghadirkan hunian yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang sesuai dengan masyarakat muda seperti generasi milenial dan pasangan muda, yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern terbaik yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari penghuni seperti pusat kesehatan, sarana pendidikan, tempat ibadah, sarana olahraga, dan lain-lain selain itu Lingkungan yang asri membuat para penghuni merasakan kebahagiaan saat kembali ke rumah setelah sibuk beraktifitas. Keseluruhan kualitas ini menjadi nilai yang sangat berharga bagi pasangan milenial dan seluruh masyarakat.





 

 

Comments

Popular posts from this blog

MATA KERING MEMBUATKU KESULITAN BERAKTIVITAS

  Sebagai seorang Freelancer tentunya urusan pekerjaanku gak jauh-jauh dari yang namanya layar laptop dengan waktu hampir seharian penuh yang mana   lama kelamaan akan menyebabkan mata kering, karena menurut penelitian dengan adanya aktivitas menatap layar komputer yang berlebihan maka frekuensi berkedip mata kita secara alamiah akan menurun sehingga secara otomatis akan berpotensi menyebabkan mata kering. Selain itu seperti kita ketahui zaman era digital yang mau gak mau   sekarang banyak aktivitas yang menuntut untuk berhadapan dengan   menatap layar dari yang bermain handphone, tablet ataupun elektonik lainnya tentunya secara gak langsung otomatis berefek ke mata kering kita. Aku sempat merasa tidak nyaman dengan kondisi mata keringku, namun dengan tuntuan pekerjaan yang pada dasaranya selalu berhadapan dengan layar laptop mengakibatkan aku merasakan mata kering.   GEJALA MATA KERING Mata kering ditandai dengan hilangnya keseimbangan komponen air mata yang kemudian diikuti de

Semangat yang Tak Pernah Padam Dari Seorang David Hidayat Dalam Memberdayakan Wilayah Pesisir

Lautan yang begitu luas membuat Indonesia dijuluki sebagai Negara Maritim, serta wilayah pesisir adalah andalan sumber pendapatan masyarakat Indonesia. Wilayah pesisir merupakan pertemuan antara ekosistem laut dan darat yang saling berkeseimbangan, sehingga diperlukan berbagai perencanaan dan pengelolaan yang lebih efektif, namun dengan kekayaan laut Indonesia yang melimpah nyatanya tak menjamin kemajuan di wilayah Pesisir, semua ini bermula dengan rusaknya wilayah lingkungan pesisir diakibatkan terumbu karang yang rusak, kecepatan abrasi pantai akan bertambah sehingga secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat wilayah pesisir pantai. Hal ini lah yang menjadi latar belakang David Hidayat seorang Sarjana Perikanan dan Kelautan Universitas Bung Hatta ingin memulai terobosan dalam hal konservasi laut dan pemberdayaan masyarakat pesisir. Kerusakan pesisir ini terjadi di kampung halaman David sendiri yakni di Sumatera Barat, tepatnya di Pesisir Laut Sungai Pinang, ak